Visi Misi

Visi
Program Studi Magister Pendidikan Luar Sekolah/Pendidikan Nonformal yang unggul di kawasan Asia Tenggara dalam memperkuat kapasitas Pendidikan Nonformal yang berorientasi kewirausahaan sosial menuju masyarakat berbasis pengetahuan berlandaskan nilai-nilai ketaqwaan, kemandirian, dan kecendekiaan.


Misi

  1.  Mendidik calon sarjana Magister dengan keahlian Pendidikan Luar Sekolah/Pendidikan Nonformal untuk pemberdayaan masyarakat yang kuat dalam inovasi program dan pembelajaran transformative berorientasi kewirausahaan sosial;
  2. Menghasilkan model program dan pembelajaran transformative dalam Pendidikan Nonformal untuk pemberdayaan masyarakat yang berorientasi kewirausahaan social melalui penelitian dan pengembangan dengan pendekatan struktural dan kultural;
  3. Memberikan layanan professional sesuai dengan perkembangan masalah, kemajuan ipteks, dan isu-isu mutakhir PNF untuk pemberdayaan masyarakat;
  4. Membangun kapasitas Program Studi Magister Pendidikan Nonformal dengan mengembangkan modal manusia, sosial, dan cultural sejalan dengan kebutuhan pemberdayaan masyarakat.

Profil Lulusan
Lulusan Program Studi Magister Pendidikan Luar Sekolah/Pendidikan Nonformal sebagai pendidik pada pendidikan nonformal dapat bekerja sebagai:

  1. Dosen Sarjana pada Program Studi Pendidikan Luar Sekolah/Pendidikan Nonformal dan program studi yang sejenis di perguruan tinggi;
  2. Peneliti pada lembaga penelitian pendidikan dan pelatihan Pendidikan Nonformal;
  3. Pengembang program dan pembelajaran Pendidikan Nonformal pada satuan pendidikan nonformal;
  4. Konsultasn pemberdayaan masyarakat.

Capaian Pembelajaran

  1. Sikap
  • Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  • Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
  • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  • Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  • Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  • Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  1. Pengetahuan
  • Menerapkan filosofi, teori, dan metodologi untuk menghasilkan inovasi model program dan praktik pembelajaran Pendidikan Nonformal;
  • Menguasai konsep dan teori pendidikan nonformal untuk menghasilkan inovasi model program dan praktek pembelajaran pendidikan nonformal dalam konteks pendidikan nasional yang  holistik dan pemberdayaan masyarakat;
  • Menguasai konsep dan teori pengembangan modal manusia, sosial dan modal kultural serta sistem dan kebijakan kewirausahaan sosial sebagai substansi, metoda, dan konteks pengembangan;
  • Menguasai teori dan metodologi inovasi model program dan praktik pembelajaran Pendidikan Nonformal untuk pemberdayaan masyarakat secara berkelanjutan;
  • Menguasai konsep dan teori untuk melakukan kerjasama sinergis dengan berbagai keahlian untuk menguasai dan memecahkan masalah dalam bidang Pendidikan Nonformal melalui model program dan praktik pembelajaran yang dihasilkan dalam hubungan dialektis dengan pemberdayaan masyarakat, pembangunan nasional dan daerah;
  • Menguasai teori dan metodologi untuk menghasilkan, mempublikasikan, dan mendesiminasikan penerapan hasil riset dan inovasi model program dan praktik pembelajaran Pendidikan Nonformal pada tingkat nasional dan internasional.
  1. Keterampilan Umum
  • Mengembangkan pemikiran kreatif dan inovatif dalam mengelola, mengembangkan, dan melakukan inovasi program dan pembelajaran pendidikan nonformal untuk pemberdayaan masyarakat secara berkelanjutan;
  • Mengelola informasi dan pengetahuan berbasis penerapan kaidah-kaidah dan etika akademik untuk mengambil keputusan strategik dalam mengembangkan inovasi model program dan pembelajaran pendidikan nonformal untuk pemberdayaan masyarakat;
  • Mengembangkan kemaslahatan bersama berlandaskan kaidah-kaidah dan etika sosial untuk membangun tanggung jawab individu dan kolektif dalam mengembangkan inovasi program dan pembelajaran pendidikan nonformal secara bermartabat;
  • Melaksanakan pendekatan lintas dan multidisiplin dalam membangun pendidikan nonformal untuk pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan inovasi program dan pembelajaran pendidikan nonformal yang mendidik.
  1. Keterampilan Khusus
  • Melakukan asesmen evikatif (bermakna) untuk merencanakan pengembangan dan inovasi model program dan pembelajaran pendidikan nonformal untuk pemberdayaan masyarakat;
  • Merencanakan pengembangan dan inovasi model program dan pembelajaran pendidikan nonformal dalam bidang pengembangan manusia, pengembangan masyarakat, kewirausahaan sosial, dan pendidikan keluarga dalam konteks pemberdayaan masyarakat berkelanjutan;
  • Melaksanakan pengembangan dan inovasi model program dan pembelajaran pendidikan nonformal dalam bidang pengembangan manusia, pengembangan masyarakat, kewirausahaan sosial, dan pendidikan keluarga dalam konteks pemberdayaan masyarakat berkelanjutan;
  • Melaksanakan pengendalian dan penjaminan mutu penyelenggaraan, pengembangan, dan inovasi model program dan pembelajaran pendidikan nonformal secara berkesinambungan;
  • Menyebarluaskan hasil inovasi program dan pembelajaran pendidikan nonformal dalam berbagai peminatan melalui media publikasi cetak dan elektronik.

 

Video Testimoni Alumni PLS PPS UNY