Mahasiswa S2 Pendidikan Luar Sekolah UNY Kunjungi Sekolah Alam Beniso : Dalam Rangka Untuk Mengetahui Manajemen Lembaga Dan Membangun Hubungan Baik Dengan Lembaga PNF

Pada hari Kamis, 7 Maret 2024, Mahasiswa S2 intake 2023 Program Studi Pendidikan Luar Sekolah (PLS), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) telah melaksanakan kunjungan ke Sekolah Alam Beniso yang berlokasi di Jalan Pangeran Wirosobo RT 66 RW 17, Sorosutan, umbulharjo, Kota Yogyakarta 55162. Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka menambah dan memperluas wawasan mahasiswa serta membangun hubungan baik dengan lembaga Pendidikan Non Formal khususnya di daerah Yogyakarta.

Pada kunjungan ini, mahasiswa diterima dengan hangat oleh ibu Novie Eviany, S.Pd.AUD., M.Psi (Pimpinan Sekolah Alam Beniso), staff pendidik, dan  disambut antusias oleh anak-anak Sekolah Alam Beniso. Tujuan utama dari kunjungan tersebut adalah untuk melihat langsung bagaimana manajemen program di Sekolah Alam Beniso yang lahir dari keprihatinan terhadap kondisi pendidikan yang telah berdiri selama kurang lebih 21 tahun ini.

Mahasiswa berkesempatan ikut mendampingi kegiatan anak-anak diselingi dengan beberapa diskusi bersama pimpinan Sekolah Alam Beniso dan tentunya berpartisipasi secara langsung pada kegiatan yang tersebut. Adapun beberapa kegiatan yang dimaksud diantaranya seperti outing class, kegiatan mewarnai, belajar membuat pakaian dari kertas dan menggantungnya layaknya sedang menjemur serta membuat kolase dari bahan-bahan yang sudah tidak terpakai dikreasikan sehingga memiliki nilai seni.

Melalui  proses pembelajaran di kelas dan kegiatan lapangan, harapannya output yang akan dicapai yakni nilai kreatifitas, kemandirian dan nilai normatif anak akan tumbuh, tentunya anak juga harus merasa senang dan menikmati setiap proses pembelajaran yang diselenggarakan di sekolah alam Beniso. (snd)