SOSIALISASI PROGRAM RPL

Telah dilaksanakan sosialisasi program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) jenjang Magister Pendidikan Non Formal kepada calon mahasiswa magister  program RPL dari Asosiasi Experiental Learning Indonesia pada hari Minggu, (26/02/2023) via Zoom Meeting. Agenda sosialiasasi ini dihadiri oleh kurang lebih 20 peserta yang sangat antusias untuk mengikuti program RPL kedepannya. Sosialisasi program RPL di isi oleh: Ibu Dr. Puji Yanti Fauziah, M.Pd selaku Ketua Departemen Pendidikan Non Formal, Bapak Dr. Entoh Tohani, M.Pd selaku Koordinator Magister Pendidikan Non Formal, Bapak Dr. Yudan Hermawan, M.Pd selaku Dosen Magister Pendidikan Non Formal

Pada Kesempatan kali ini, Bapak Dr. Entoh Tohani menjelaskan mengenai bagaimana keterlaksanaan program studi RPL di program studi Magister Pendidikan Non Formal. Berdasarkan Permendikbudristek No.41 tahun 2021 tentang RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau) adalah pengakuan atas capaian pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal, nonformal, informal, dan/atau pengalaman kerja sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan formal dan untuk melakukan penyetaraan dengan kualifikasi tertentu. Tujuan program RPL yaitu: 1) Memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk belajar sepanjang hayat melalui pendidikan formal pada jenjang Pendidikan Tinggi, 2) Mendorong masyarakat yang berbagai hal terputus kuliahnya atau tidak dapat melanjutkan pendidikan di Perguruan tinggi tetapi memiliki pengalaman kerja kompetensi yang relevan untuk melanjutkan studi ke jenjang Pendidikan Tinggi.

Program RPL di Magister PNF sudah dimulai sejak tahun 2021. selanjutnya ada skitar 4 kelas yang akan mendaftar program RPL magsiter PNF semester selanjutnya. (shr)